Catatan 1 : Pentingnya “Konsep & Inisialiasi Project”

Untuk memulai suatu project management. Mungkin suatu keharusan atau memang kita perlu menerapkan sesuatu sesuai dengan ilmunya. dulu saya pernah mengelola project amatir tanpa basic ilmu project management, alhasil project selesai sesuai dengan waktu tapi masalah maintenance dan tata kelola “0” karena memang modal nekat asal sikat dan beres. Setelah kesini, ternyata ada ilmunya. Project Management, Baru mengenal PMBOOK dan mencoba memahami satu persatu. Tanpa tahu gambaran apa yang akan dilakukan tentunya sangat absurd jika untuk project, karena bekerja secara team tentunya setiap personal harus paham dan memahami apa hasilnya, minimal semua memiliki penggambaran “bentuk akhir” yang sama, jika sudah akan mudah untuk melanjutkan ke fase selanjutnya. Berikut life cycle dalam project management untuk pertama kali.

1. Konsep & Inisialiasi proyek : merupakan fase paling awal untuk memulai suatu project IT based, tujuannya untuk menjelaskan bagaimana proyek ini akan dijalankan, bagaimana dimulai, siapa saja orang yang terlibat didalamnya, waktu dan budget. Lalu apa yang dihasilkan dalam fase ini ?

Dokumen business case, alur bisnis, kelayakan bisnis, data pendukung.

Silahkan Baca juga : #2 : Pentingnya “Pengembangan charter & detail rencana project.” (6 Phase Project Management) PMBOK

Facebook Comments
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here