Dalam dunia komputer, mungkin tidak asing lagi kita mengenal kit elektronik bernama Arduino. Namun, tidak semua orang mengenal apa itu Ardunio. Bagi sebagian orang, Arduino hanya dikenal sebagai papan rangkaian elektronik yang menjalankan sebuah program. Tidak hanya itu, kita juga perlu mengenal lebih dalam Arduino ini.

Sekitar tahun 2005, penciptaan Arduino berasal dari teori oleh Hernando Barragan di Italia. Dengan adanya teori tersebut, kemudian ini dikembangkan oleh Massimo Banzi dan David Cuartielles yang menamainya sebagai Arduin of Ivrea. Kemudian, alat tersebut berganti nama yang diambil dari bahasa Italia menjadi Arduino.

Apa Sebenarnya Arduino itu?

Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri.

Di Indonesia sendiri, Arduino juga berfungsi dalam sistem Internet of Things (IOT). Contoh IOT yang dimaksud adalah alat untuk pengelolaan bahaya dan bencana alam secara lebih cerdas, yang terhubung dengan alat deteksi dan alarm di suatu hutan sehingga pemberitahuan terhadap bahaya dan bencana alam lebih dini, pengelolaan perkotaan lebih cerdas, lalu di terapkan dalam aplikasi lalu lintas, parkir, sistem pengumpulan sampah, dan sebagainya.

Jenis Arduino pun beragam dari mulai Arduino Uno, due, mega, leonardo, fio, lilypad, dan masih banyak lagi. Banyak berupa produk arduino yang dijadikan suatu produk, salah satunya arduino dengan kombinasi sensor ping berikut ini :

Penggunaan Arduino pun membutuhkan beberapa step. Sebenarnya mudah saja untuk seseorang mengunduh Arduino. Namun dibutuhkan beberapa langkah agar Arduino ini bisa berfungsi dengan maksimal.

Untuk yang ingin belajar arduino lebih lanjut, kami membuka kelas arduino bersama Firmansyah Saftari seorang penulis buku tentang Arduino, Ikutan yuk!

editor by FNA.

Facebook Comments
 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here