Perkembangan teknologi semakin hari semakin maju, semua tidak mau ketinggalan mengenai perkembangan teknologi terbaru. berbagai jenis usaha ada diinternet berbeda dengan dulu yang berbentuk toko.

Maraknya internet tentunya juga berdampak positif bagi para pencari rezki dengan dunia maya, kita bisa lihat berbagai situs toko online hingga marketplace dibanjiri pengunjung setiap harinya.

Meskipun begitu, memang ibukota adalah pusatnya bisnis apalagi mengenai bisnis online semua ada disini. namun, ada dibeberapa daerah, sudut kota disana ada juga sebuah toko, tempat jual beli, usaha kecil menengah. namun mereka belum mengetahui apa itu internet dan juga bagaimana memanfaatkan internet sebagai media.

Tim kami sempat mengunjungi tempat itu, disitu ada banyak sekali toko yang menjual berbagai hal, ada yang jasa, ada yang produk dan lain sebagainya. sesekali kita pernah datang ke suatu toko disudut. kami bertanya, bagaimana anda berjualan? mereka menjawab ya mereka buka setiap pagi sampai malam.

Namun, ada yang aneh buat kami para peniliti dibidang bisnis online, apa itu? kami memang datang ketoko itu, namun kami juga melihat sendiri bahwa tempat itu sepi pengunjung. satu pertanyaan kami, darimana toko ini mendapatkan pelanggan dengan kondisi pengunjung lingkungan yang sesepi ini? Apakah ada pelanggan khusus dan lainnya.

Untuk menjawab pertanyaan itu, kami lalu tanya lagi kepada pemilik toko itu.

Apakah ada yang datang kesini setiap hari? tidak selalu ada pak, jawabnya.

Apakah bapak menjual barang-barang ini secara online? saya tidak tahu online, saat ini belum dan masih menjualnya seperti ini.

Kami berkata dalam hati, lalu bagaimana proses bisnis ini berjalan dengan baik, jika tidak ada pembelinya. kami masih terus bertanya-tanya darimana asal revenue dari pemilik toko ini.

Singkat cerita, jika ada training mengenai bisnis online, apakah bapak mau ikut? apakah bapak ingin bisnis bapak ini juga dijual diinternet, agar banyak orang yang memesan produk bapak.

Selain itu, bapak tidak hanya menunggu pelanggan disini tapi bapak bisa memanfaatkan sosial media untuk berkomunikasi dan berjualan kepada calon pelanggan. Ternyata benar, bahwa mereka membutuhkan edukasi tentang bagaimana memanfaatkan internet dan sosial media untuk membantu usaha mereka.

Untuk itulah, www.ukmgo.id berusaha menjawab permasalahan mereka, setelah kita interview ternyata benar, alasan mereka tidak mencoba untuk usaha dengan online adalah karena tidak adanya edukasi dibidang itu ilmu khusus, selain itu juga karena biaya yang diperlukan untuk membangun suatu situs online juga tidak murah (mahal), akhirnya mereka memilih menjalankan usaha mereka dilapak / kios kecil.

Perihal ada tidaknya pelanggan, mungkin mereka mencoba memasarkan dengan cara lain yang belum menggunakan internet.

Source : ukmgo.id

UKMGO.ID merupakan program untuk membantu para pelaku UKM (usaha kecil menengah) belajar menggunakan teknologi untuk membantu usaha mereka berkembang melalui internet, selain itu merupakan program yang memberikan para pelaku UKM memiliki situs website GRATIS! program ini diberinama #SedekahWebsite #SedekahDigital tujuannya adalah agar para pelaku UKM ini lebih mudah mempromosikan produk/jasa yang dijual dinternet, melalui komunikasi ataupun sosial media.

Untuk itu, bagi para pelaku UKM yang berminat mendapatkan Website Gratis, silahkan bisa langsung registrasi melalui website resminya yaitu www.ukmgo.id

Edit : E. Reny

Facebook Comments
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here