source : Google

Membangun usaha berdasarkan hobi menjadi kepuasan tersendiri bagi siapapun. Pundi-pundi rupiah yang dihasilkan pun dapat sesuai dengan apa yang dikerjakan. Seiring dengan perkembangan jaman, wanita mulai melihat berbagai profesi yang berdasarkan hobi. Termasuk dalam dunia tata rias dan kecantikan. Perkembangan dunia tata rias dan kecantikan yang bisa ditemukan dimanapun, tidak terkecuali dalam media sosial, web maupun situs yang mengarah pada video web membuat wanita dapat mudah berkreasi dan menyalurkan hobinya.

Menjadi seorang Make Up Artist (MUA) adalah pilihan karier yang dapat dipilih oleh siapapun. Hampir semua wanita membutuhkan jasa ini dalam hidupnya, setidaknya satu kali seumur hidup. Hal ini menjadi alasan MUA adalah pilihan bagi seorang Enterpreneur muda asal bogor yaitu Wulan Kemala Endjo.

Dimulai dari belajar secara autodidak untuk merias wajah. Wulan mulai berani mencoba tantangan untuk merias wajah sepupu-sepupunya di sebuah acara. Awalnya, wanita yang lahir di Sukabumi ini tidak menyangka tata riasnya di lirik oleh sebuah salon di Kota Bogor dan diajak menjalin kerjasama. Menurut salon tersebut, Wulan memiliki keahlian dibidang tersebut. Semenjak itu, Wulan menerima kerja sama dan mulai mengenal berbagai tipe wajah dan teknik dari make up.

Dengan tekad yang kuat Wulan percaya usahanya akan membuahkan hasil. Belajar yang dia lakukan selama bekerja sama dengan salon dan pengetahuan yang terus ia dapatkan dari Beauty Vlogger ternama membuatnya terus tertarik dibidang MUA.

Sempat tidak dipercayai dapat membangun bisnis ini oleh orang tuanya, Wulan terus membutikan pilihannya tidak salah. Wulan mulai mencoba mengikuti sebuah kontes MUA Hunt dari Brand Make up Indonesia ternama. Hadiah yang menjadi impiannya untuk mendapatkan coaching dengan para MUA ternama pun terwujud. Pejuangan gigih Wulan terhadap kontes ini membuat Wulan masuk menjadi 20 finalis Make Over MUA Hunt dan mengalahkan 2000 peserta se-Indonesia. Hadiah itu sekaligus membuktikan kepada orang tuanya, impiannya dalam membangun usaha ini tidak sia-sia.

Lann.Makeup mulai berkembang dari mulut ke mulut sejak 2017 lalu. Walaupun sempat diragukan oleh teman-temannya, tidak pernah mematahkan semangatnya untuk terus belajar mengembangkan usahanya. Wulan terus menerima pekerjaan Make Up Artist dan meminta kliennya untuk review hasil tangannya. Review dari orang tersebut banyak menuai hal positif dan menyarankan agar usahanya merambah ke media sosial Instagram.

Kendala pun mulai dihadapi Wulan untuk memasarkan hasil karyanya. Menurutnya, kamera adalah properti yang penting untuk membantu mengembangkan usahanya. Terlebih lagi, kali ini usahanya merambah di media sosial Instagram. Sedikit demi sedikit Wulan mengumpulkan pundi-pundi hasil make up nya untuk memiliki sebuah kamera yang diinginkan. Butuh beberapa bulan hingga Wulan bisa mendapatkan sebuah kamera dan merancang bisnisnya di Instagram.

Baca Juga : 9 pesan kehidupan dari jack ma ceo alibaba group untuk anak muda

Motivasi dalam diri Wulan yang begitu kuat membuat Wulan terus berusaha mengembangkan bisnis Make Up Artist ini. Sadar bahwa keluarganya sangat membutuhkannya, membuat Wanita ini kuat dan memiliki motto hidup untuk “Hidup Seperti Srikandi, yang memiliki banyak keahlian dan terpenting selalu mengutamakan Allah SWT”. Ia percaya dengan hidup mandiri dan tidak bergantung kepada manusia hanya mengaharapkan ridho Allah SWT dapat menjadikan pribadinya tetap berjuang menjalani hidup.

Suka duka pun dialami oleh Wulan selama belajar maupun mengembangkan usaha ini. Wulan menuturkan, pelajaran hidup dan persaingan yang kuat membuat dirinya terus mengasah skill nya dibidang MUA ini. Tidak hanya menerima klien dari Bogor. Wulan juga menerima klien dari luar bogor hingga ke Yogyakarta.

Cerita yang paling berkesan dalam hidupnya yaitu ketika Wulan memiliki klien dua orang model asal Ibukota. Bertempat di sebuah hotel berbintang, Wulan diminta merias wajah untuk modeling. Banyak MUA terkenal dan sangat berpengalaman membuat dirinya merasa minder. Dengan usaha dan alat make up yang masih tidak memiliki kotak yang memadai, Wulan bertekad untuk memberikan hasil make up terbaik dengan maksimal. Walaupun sempat merasa sedih, Wulan membuat kliennya jatuh hati dengan hasil make upnya, dan dipercayai untuk make up ke tempat lain lagi. Disitu, semangatnya mulai kembali tumbuh dan mendapatkan banyak apresiasi dari orang-orang sekitarnya.

Hingga saat ini lann.makeup adalah usaha bisnis yang terus eksis di dunia nyata maupun media sosial. Sudah banyak pelanggan yang percaya dengan hasil tangan Wulan. Teknik pun mulai digunakan secara pasti oleh Wulan agar para pelanggan merasa hasil make up nya bagus dan tahan lama. Wulan juga menuturkan, dirinya lebih menyukai tampilan make up yang terlihat natural namun tetap tegas dan anggun. Ia juga merasa selama ini lebih suka memulai make up dari bagian alis terlebih dahulu. Tanpa pernah menyukur alis kliennya, Wulan dapat membuat make up tetap stay dan rapi.

Nah, pengalaman dari Wulan dapat kita petik menjadi pembelajaran hidup tentang jangan pernah menyerah untuk membangun sebuah usaha. Bagaimana kawan tertarik untuk menyalurkan hobi jadi usaha? Tunggu apalagi mulai sekarang yuk!

Penulis : Fadhilah | Editor : N.A

Facebook Comments
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here