Para peneliti memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam melakukan penelitian, Ada yg tujuannya eksploratif (mencari teori, hukum, dalil atau sumber alam yg baru yg belum ditemukan).
Dalam konteks ini berdasarkan refrensi kebanyakan digunakan sebagai reseach yang lebih bersifat mengembangkan suatu kajian atau teori yang belum ada, bermula dari permasalahan yang ada atau juga bisa dengan mengembangkan teori yang ada untuk semakin memantapkan teori dengan dasar fakta, data-data terbaru.
Misalnya : Pencarian Bahan bakar pengganti BBM dan listrik.

uji hipotesisi ( menguji dugaan-dugaan atas fenomena yang terjadi baik dari pengalaman si peneliti atau kejadian diluar peneliti )
Dalam konteks ini hipotesisi lebih kearah melakukan pengujian, menganalisa, apakah kondisi asumsi tersebut bisa dibuktikan dengan data-data dilapangan, disitulah terjadi pencocokan analisa, asumsi dan data dilapangan.
Misalnya : Kayu Kaliandra bisa digunakan sebagai bahan alternatif pengganti Listrik.

Dan ada yg sifatnya hanya ingin tahu sesuatu objek lebih mendalam (deskriptif)
Sedangkan untuk deskriptif yaitu lebih kearah mencari suatu kebenaran atau menemukan suatu solusi dari permasalahan, dengan cara mengumpulkan data, fakta dilapangan lalu disusun secara sistematis, tujuannya apakah data dan fakta sesuai dengan yang telah diasumsikan.
Misalnya : Penelitian tentang Berapa persen Banyaknya lulusan baru yang terserap ke Perusahaan dalam 1-6 bulan.

Facebook Comments
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here