Ahmad Ridwan tak mengurungkan niatnya untuk tetap mengikuti Asian Para Games 2018. Meski penyandang disabilitas, Pria asal Blora, Jawa Tengah ini terpilih menjadi atlet di salah satu cabang olahraga (cabor) menembak. Susah mencari dan pendapatkan kerja menjadi motivasi awal Ahmad.

Hasil wawancara liputan6 ia mengatakan, “Saya ikut menembak karena memotivasi diri saya. Orang disabilitas seperti saya kan mencari pekerjaan berat tidak bisa. Sebelumnya belum terpikir untuk menjadi atlet, cuma hanya ingin merubah nasib saja,” ujar Ahmad kepada KLY Sports di Lapangan Tembak, Senayan, Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Atas terpilihnya Ahmad sebagai atlet menembak, setidaknya ia bisa merubah nasibnya ke arah yang lebih cerah. Meski dalam proses perjalanannya Ahmad sempat mengalami sedikit tidak percaya diri.

Kisah Pilu dari Palu

Kisah inspiratif serupa terjadi pasca bencana gempa tsunami di Donggala dan Palu. Bencana alam memang menyisakan sejuta kisah pahit, luka dan duka. Namun, di balik itu semua terdapat hal yang menjadi pelipur lara untuk kita semua khususnya masyarakat Donggala-Palu.

Masih hasil laporan dari liputan6. Peristiwa mengharukan terjadi saat Presiden Joko Widodo berkunjung ke Palu untuk melihat proses evakuasi bencana secara langsung. Seorang anak korban Gempa Palu mengikuti Jokowi saat hendak masuk ke mobil. Anak bernama Izrael itu tampak tegar dan tidak menangis saat menceritakan ibunya yang tewas akibat bencana alam tersebut.

“Jadi mamaku sudah mati. Saya gak boleh nangis. Saya harus berani, mamaku sudah di atas sekali,” ujar anak berbaju biru garis-garis putih itu kepada awak media. “Kalau saya nangis, mamaku nangis juga,” lanjutnya.

Pertemuan Jokowi dengan anak berusia 4 tahun ini tidak hanya berkesan bagi Izrael tetapi juga bagi Jokowi. Melalui akun Twitter dan Instagram resminya, Presiden ke-7 Republik Indonesia ini mengenalkan Izrael kepada publik. “Bocah kecil ini saya temui di satu lokasi pengungsian korban gempa di Kota Palu, tidak jauh dari Hotel Roa-Roa yang runtuh. Ibunya meninggal, sementara ayahnya dirawat karena luka. Pada tubuh bocah pemberani ini pun terlihat bekas luka,” tulis akun @jokowi, Rabu (3/10/2018).

Izrael sempat ingin ikut rombongan Jokowi, tetapi kakek dari Jan Ethes ini memintanya untuk tetap di Palu dan pergi sekolah. “Besok sekolah. Belajar ya. Yang pintar ya,” ujar Jokowi sambil mengelus kepala Izrael. Izrael mengungkapkan sekolahnya yang rusak, dan Jokowi menyatakan bahwa sekolahnya akan diperbaiki. Sepeninggal ibunya, Izrael tinggal bersama ayah dan saudara kembarnya yang sedang dirawat di rumah sakit.

Luka Modric dan Kroasia

Berbeda dengan kisah sebelumnya. Kisah inspiratif datang dari pesepakbola asal Kroasia, Luka Modric. Selepas gelaran akbar Piala Dunia 2018 ia didapuk menjadi pemain terbaik dunia. Pasalnya ia menghentikan dominasi Ronaldo-Messi sejak sepuluh tahun/musim terakhir.

Tak mengherankan jika Modric mendapatkannya, sebab pemain bernomor punggung 10 itu mampu menghantarkan Real Madrid mengangkat trofi Liga Champions tiga kali secara beruntun, tak hanya itu Luka pun membawa Timnas Kroasia ke babak final meski harus puas menerima kekalahan atas Prancis.

Dalam artikel Keajaiban dan Kepahitan Sepakbola Kroasia yang tayang di tirto.id, penulis dan jurnaliis sepakbola Zen RS menyebutkan bahwa Modric kecil mengalami kisah yang pilu di mana saat itu sedang terjadi perang dan konflik. “Bola adalah teman”, frase yang nyaris menjadi slogan dalam serial Captain Tsubasa, menemukan realisasinya di berbagai wilayah konflik yang mematikan. Dari Suriah hingga ke Irak, dari Ukraina Timur hingga Kosovo, dari Balkan hingga Afghanistan: ada banyak sekali kesaksian tentang bagaimana bola menjadi sanctuary bagi bocah-bocah korban peperangan. Kisah masa kecil Luka Modric hanya satu di antara ribuan cerita serupa. Begitu Zen RS menulisnya.

Kisah kelam konflik dan perang hanya menyisakan semangat yang ia bawa sampai hari ini.

Itulah sederet cerita yang, semoga menjadi kisah inspiratif. Dari Asian Para Games ke Donggala-Palu hingga masa kelam pesepakbola bertubuh mungil Luka Modric.

Facebook Comments
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here