Jaringan 5G resmi diaktifkan untuk yang pertama kalinya di dunia. Verizon, adalah perusahaan telekomunikasi sekaligus operator seluler asal Amerika Serikat (AS) yang resmi telah mengungumkan telah meluncurkan jaringan internet generasi kelima tersebut.

President Verizon Wireless, Ronan Dunne menegaskan “Layanan 5G komersil pertama di dunia ada di sini”

Sebagai debutnya jaringan 5G baru bisa merambah empat kota di AS. Keempat kota beruntung tersebut adalah Los Angeles, Sacramento, Houston, dan Indianapolis.

Pemilihan keempat kota bukan tanpa alasan. Empat kota pertama yang mendapat jaringan 5G ini dipilih karena pemerintah setempat sangat mendukung dan juga karena empat kota ini memiliki kebijakan yang dinamis.

Pengguna pertama jaringan 5G di dunia ini adalah Clayton Harris yabg berasal dari Houston AS. Jaringan ini akan menggantikan kabel penyedia layanan internet rumahan umumnya.  Untuk transfer data jaringan 5G akan memanfaatkan sistem “small cell”, menara seluler dimana ukurannya lebih kecil dibanding infrastruktur kabel internet saat ini. Kecepatan 5G tak perlu diragukan lagi, karena 5G diklaim memiliki kecepatan mencapai 300 Mbps tergantung lokasinya. Sementara kecepatan maksimalnya mencapai 1 Gbps tanpa batasan data, dengan kecepatan 1 Gbps anda bisa mengunduh data sebesar 1GB hanya dalam waktu delapan detik saja.

Untuk tiga bulan pertama, pelanggan Verizon dapat menikmati fasilitas jaringan 5G Home secara gratis, sementara untuk biaya berlangganan jaringan nirkabel 5G Home perbulan mencapai 50$ AS (sekitar Rp. 750.000)

Pastinya perangkat yang menggunakan jaringan 5G harus sudah mendukung konektivitas 5G pula.

Sementara untuk pelanggan baru Verizon akan dikenakan biaya 70$ AS ( Sekitar Rp. 1.000.000) pelanggan baru juga akan mendapatkan bonus berupa Apple TV 4k atau Chromecast Ultra.

 

Source: kompas.com

Penulis: anyumii / AD

Facebook Comments
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here