Pengertian Penelitian / Riset :
Penelitian hakikatnya merupakan kegiatan ilmiah untuk memperoleh pengetahuan yang benar tentang suatu masalah. Pengetahuan yang diperoleh berupa fakta-fakta, konsep, generalisasi, dan teori yang memungkinkan manusia dapat memahami fenomena dan memacahkan masalah yang dihadapi.

Masalah yang akan dijawab melalui penelitian disebut masalah penelitian. Masalah penelitian bisa disebabkan banyak hal. Masalah muncul karena manusia mengalami kesulitan dalam hidup, yaitu adanya ketidaksesuaian atau kesenjangan antara yang diharapkan dengan kenyataan yang aktual.

Sebagai contoh, seorang mahasiswa yang tinggal di tempat kos setiap bulan harus mengelola keuangannya serta menghadapi banyak kebutuhan, sementara jumlah dana yang dimiliki relatif terbatas.

Permasalahannya adalah cara mengelola keuangan dengan baik agar semua kebutuhan dapat terpenuhi dengan dana terbatas. Kebenaran yang dipegang teguh dalam penelitian adalah kebenaran ilmiah. Artinya kebenaran bersifat relatif (nisbi), bukan kebenaran yang sempurna dan bersifat mutlak. Dengan kata lain, hasil suatu penelitian saat ini mungkin hanya benar pada saat ini dan pada saat lain kebenaran sudah tidak relevan. Walaupun demikian, banyak peneliti baik kalangan akademisi maupun praktisi dalam bidangnya masing-masing telah melakukan penelitian dengan hasil berupa fakta, konsep, generalisasi, atau teori yang sangat berguna bagi manusia untuk memahami fenomena atau merupakan solusi permasalahan yang dihadapi.

Dengan demikian, hasil penelitian telah memberikan sumbangan penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang masing-masing. Lebih lanjut, hasil tersebut sangat membantu manusia dalam memecahkan masalah kehidupan dan menjawab rasa ingin tahu manusia yang merupakan naluri manusia sejak lahir.

 

 

Facebook Comments
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here