Bisnis Intelijen (BI) melibatkan analisis set data dan program perangkat lunak untuk membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Hampir setiap industri saat ini sudah mulai menggunakan intelijen bisnis, ini sangat umum di industri tertentu, termasuk perawatan kesehatan dan TI.

Eksekutif dan manajer perlu mengenal intelijen bisnis untuk membuat keputusan yang efektif untuk perusahaan mereka berdasarkan data. Namun, arsitek data, analis data, dan analisis intelijen bisnis semua perlu keterampilan BI yang kuat juga.

Intelijen bisnis adalah proses yang digerakkan oleh teknologi, sehingga orang yang bekerja di intelijen bisnis memerlukan sejumlah keterampilan keras, seperti pemrograman komputer dan keakraban dengan basis data. Tidak hanya itu, mereka juga membutuhkan soft skill termasuk keterampilan interpersonal.

Di bawah ini adalah informasi tentang keterampilan BI untuk resume, surat pengantar, lamaran pekerjaan, dan wawancara. Hal ini sangat penting di perhatikan bagi para job seeker yang tertarik di bidang BI. Berikut daftar rinci dari lima keterampilan BI yang paling penting, serta daftar yang lebih panjang dari keterampilan yang lebih terkait.

Daftar Keterampilan untuk Profesi Bisnis Intelijen,
Anda dapat menggunakan daftar keterampilan ini di seluruh proses pencarian pekerjaan Anda.

Pertama, anda dapat menggunakan kata-kata keterampilan ini dalam resume anda. Dalam uraian riwayat pekerjaan anda, anda mungkin ingin menggunakan beberapa kata kunci ini.

Kedua, anda dapat menggunakan dalam surat lamaran anda. Anda dapat menyebutkan satu atau dua dari keterampilan ini, dan memberi contoh spesifik tentang bagaimana ketika anda mendemonstrasikan keterampilan tersebut di tempat kerja.

Akhirnya, anda dapat menggunakan kata-kata keterampilan ini dalam sebuah wawancara. Pastikan anda memiliki setidaknya satu contoh waktu ketika anda memperagakan masing-masing dari lima keterampilan teratas yang tercantum di sini.

Tentu saja, setiap pekerjaan akan membutuhkan keterampilan dan pengalaman yang berbeda, jadi pastikan anda membaca deskripsi pekerjaan dengan seksama dan fokus pada keterampilan yang terdaftar.

Berikut ini adalah keterampilan intelijen bisnis top 5.

Komunikasi
Meskipun seseorang yang bekerja di intelijen bisnis membutuhkan sejumlah keterampilan yang sulit, komunikasi adalah keterampilan yang sangat penting. Seseorang di BI harus mampu menggambarkan data, menjelaskan analisisnya tentang data itu, dan kemudian menawarkan solusi yang tepat. Ini melibatkan penjelasan informasi teknis yang rumit untuk para profesional non-BI. Karena itu, orang-orang di BI harus bisa berkomunikasi dengan jelas dan efektif.

Analisis data
Tugas utama untuk seseorang dalam intelijen bisnis adalah menganalisis kumpulan data dan program perangkat lunak. Ini melibatkan pembuatan sejumlah besar data. Orang-orang di bidang ini, perlu memiliki keterampilan analitik yang kuat. Mereka harus dapat melihat koneksi dan membuat makna dari data yang disajikan.

Pengetahuan Industri
Ketika bekerja di BI, anda perlu memahami industri tempat anda bekerja. Misalnya, jika anda bekerja di rumah sakit, anda harus memiliki pengetahuan tentang tren saat ini di industri perawatan kesehatan. Ini akan membantu Anda memahami dan memanfaatkan data yang Anda analisis dengan lebih baik, dan ini akan memungkinkan Anda untuk menawarkan solusi yang lebih bermanfaat bagi para eksekutif.

Penyelesaian masalah
Tidak hanya seseorang di BI harus dapat menganalisis data, tetapi mereka biasanya juga harus menawarkan solusi kepada para eksekutif berdasarkan data tersebut. Oleh karena itu, karyawan BI perlu datang dengan saran atau solusi yang jelas untuk membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Pemrograman SQL
SQL (atau Structured Query Language) adalah bahasa yang digunakan dalam pemrograman. Ini digunakan untuk mengelola data dan biasanya digunakan dalam intelijen bisnis. Sementara seseorang di BI akan mendapat manfaat dari mengetahui sejumlah bahasa pemrograman, SQL adalah yang paling umum digunakan.

Daftar Keterampilan Intelijen Bisnis
Berikut ini daftar keterampilan BI untuk resume, surat lamaran, lamaran pekerjaan, dan wawancara, termasuk keterampilan yang tercantum di atas. Keterampilan yang dibutuhkan akan bervariasi berdasarkan pekerjaan yang anda lamar, namun tinjau juga daftar keterampilan yang lain seperti :

Adapting to changing priorities
Analytical
Assessing client/end-user needs
Attention to detail
Business intelligence development
Business strategies
C/C++
Coaching
Coding
Collaboration
Communication
Computer science
Consulting
Coping with deadline pressure
Correlating data
Creating data
Creating reports
Creating and running what-if simulations
Critical thinking
Customer service
Data analysis
Data architecture
Data collection
Data controls
Data development
Data management
Data modeling
Data processing
Data visualization
Database familiarity
Debugging data output irregularities
Defining data access methods
Delegating
Designing enterprise-level reporting
Designing/modifying data warehouses
Developing complex/multi-data source queries
Developing complex SQL queries and reports
Drawing consensus
Evaluating business intelligence software
Extract, transform, load (ETL)
Facilitating the creation of new data reporting models
Facilitating meetings
Finding trends/patterns
IBM Cognos Analytics
Identifying business trends
Industry knowledge
Influencing others to adopt data solutions
Innovation
Insights
Interact with clients
Interpersonal
Java
Leadership
Leading cross-functional teams
Listening
Maintaining technical documentation for solutions
Managing relationships with vendors
Managing stress
MatLab
Mentoring
Microsoft Excel
Microsoft Integration Services
Microsoft Office
Microsoft Power BI
Microsoft PowerPoint
Modeling
Monitoring business trends
Monitoring data quality
Motivating staff
Multitasking
Negotiating
NOSQL
Online analytical processing (OLAP)
Oracle
Organizational
Presentation
Prioritizing
Problem solving
Programming
Project management
Python
Quantitative
Reporting
Reporting tools
Representing data graphically
Researching solutions to user problems
Results oriented
Running queries
SAP Business Solutions toolset
SAS
Software knowledge
Solution development
Solution oriented
SQL programming
Statistical analysis
Statistical knowledge
Strategic thinking
Systematic thinking
Tableau
Teamwork
Technical
Time management
Training end users
Translating high level design into specific implementation steps
Understanding trends
Verbal communication
Visio
Web analytic tools
Writing

Nah, cukup banyak bukan? semoga ini tidak menjadi kendala. Hal itu hanya gambaran secara detailnya. Sebanding dengan itu gaji rata-rata bisnis intelijen, data mining, data scientis tergolong mahal dan langka. Karena membutuhkan skill yang khusus untuk hal yang satu ini.

Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Source : www.thebalancecareers.com

Editor : FNA.

Facebook Comments
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here