Siapa yang tidak tahu Google? Perusahaan berbasis teknologi terkemuka didunia. baru-baru ini menjelaskan akan melakukan ekspandi dalam bidang cloud computing dengan adanya pagelaran Siap Buka Layanan Cloud Region Baru di Indonesia.

Google Cloud platform adalah layanan dari Google yang terdiri dari 4 komponen utama untuk membangun aplikasi berbasis Cloud. Empat layanan tersebut adalah Google AppEngine, Google Compute Engine, Google Cloud Storage dan Google BigQuery.

Google mengumumkan layanan cloud miliknya akan membuka region baru Google Cloud di Indonesia. Dalam gelaran Google Cloud Summit yang digelar di Jakarta, Kamis (4/10), Google menegaskan langkah ekspansi ini sebagai bagian dari komitmen perusahaan tersebut kepada para pelanggan di Indonesia.

Dengan dibukanya region baru ini, pelanggan Google Cloud Platform (GCP) di Indonesia akan diuntungkan dengan tingkat latency rendah dan kinerja yang tinggi dalam penggunaan serta data berbasis cloud.

“Google Cloud berkomitmen untuk melayani pelanggan GCP kami di Indonesia secara cepat berpartisipasi dalam ekonomi digital,” ujar Rick Harshman, Managing Director Google Cloud Asia Pasific.

Harshman memaparkan GCP melakukan investasi jangka panjang dalam mengembangkan infrastruktur yang diperlukan untuk mendukung bisnis mereka di Indonesia.

Google Cloud Summit 2018
“Dengan berekspansi ke wilayah baru, kami memberikan kinerja yang lebih tinggi bagi para pelanggan. Pelanggan kami sejak beberapa waktu lalu sudah meminta kami untuk menghadirkan inovasi-inovasi teknis ke Indonesia dan kami bangga bisa melakukannya,” lanjut Harshman, di depan lebih dari 2.500 profesional di bidang teknologi cloud yang hadir dalam Google Cloud Summit.

Baca Juga : Pendaftaran Event Google Cloud Platform Indonesia

Cloud region terdiri dari beberapa zona ketersediaan yang didesain untuk menyediakan tingkat ketersediaan tinggi untuk membantu meningkatkan perlindungan terhadap gangguan layanan.

Dengan begitu, Indonesia menjadi cloud region ke-8 dari Google Cloud Platform setelah Mumbai, Singapura, Taiwan, Sydney, dan Tokyo. Mereka juga berencana untuk memperluas cloud region-nya ke Osaka dan Hong Kong.

Di Indonesia, sejumlah perusahaan besar telah menggunakan layanan Google Cloud Platform, di antaranya adalah Blue Bird Group, CT Corp, Sale Stock, Go-Jek, EMTEK, Tokopedia, dan Traveloka.

Google mengungkapkan sedang berinvestasi dalam program-program yang bertujuan membantu startup-startup di Indonesia dalam mengembangkan bisnisnya.

Source : Google Cloud Summit 2018

Facebook Comments
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here